Wednesday, November 29, 2017

Bedak Dingin Saripohatji (Rice Mask) dan Oat Meal Mask for Oily-Acne Prone Skin

Bedak Jadul untuk Kulit Berminyak-Berjerawat

Hallo Beauties!

Akhir-akhir ini cuaca mendung bikin produksi minyak makin banyak? Uun juga ngerasa kok. Kadang produksi sebum banyak banget, tapi kadang juga karena kita pakai produk yang bersifat mengeringkan kulit (saking jengkel sama minyak), akhirnya kulit Uun kebablasan kering. Kalian nggak sendirian! 

Untungnya beberapa minggu lalu Uun dapet produk-produk masker wajah untuk kulit berminyak-berjerawat dari Chyfoura (Instagram). Seneng banget ya, disaat kita butuh ada yang nawarin produk yang emang kena di hati :D. Produk yang ditawarkan banyak banget, mulai dari sabun wajah, minyak argan, kepopong sutra, masker coklat, oat, charcoal, sampai masker jadul macam Saripohatji yang Uun akan review disini! Dari sekian produk yang Uun sebut tadi aman dan Halal, bahannya juga bebas SLS, Paraben, Mercury, dll. Pokoknya aman bangeeeettt... 

Uun mulai dari review bedak Saripohatji dulu ya, bedak ini ketahuan banget jadulnya waktu Uun lihat kemasannya. Dulu Uun sering banget lihat bedak dingin ini di pasar-pasar, namun belakangan Uun jarang nemu. Kalaupun nemu biasanya Uun harus melipir ke Malioboro, tepatnya di Hamzah Batik itu. Kemasannya yang berwarna kuning jreng dengan tulisan merah dan foto Nek S. Marijahnya beneran ikonik. Bungkusnya biasa aja, kertas dan ngga ada segel pengaman apapun. Di belakang kemasan masker ada keterangan mengenai bedak Saripohatji ini yang diketik menggunakan ejaan lama, juga ada keterangan isi dari si bedak Saripohatji. 

GLOW MASK DAN SARIPOHATJI

Begitu dibuka, maka Beauties bakal nemuin kertas yang isinya tulisan semua dan fungsinya sebagai bungkus 'dalam' dari sei bedak Saripohatji ini. Wangi khas dari bedak dingin ini juga seperti bedak bayi, hanya saja tidak terlalu kentara baunya (hanya samar-samar saja). Ketika bungkus kertas yang berisi tulisan itu Beauties buka, maka akan nampak isi produk 'bedak padat' yang berbetuk butiran-butiran besar seperti dibentuk dengan tangan, warnanya putih, dan juga sedikit rapuh. Kurang lebih penampakannya seperti dibawah ini : 


ISI BEDAK SARIPOHATJI

Klaim dari bedak ini banyak banget, diantaranya : 

1. Mengobati bruntusan
2. Mengurangi jerawat
3. Menghalau panu dan bekas kudis jadi berkurang 
4. Mencerahkan kulit
5. Mendinginkan kulit terbakar
6. Sebagai bedak bayi atau anak
7. Sebagai bedak untuk ibu hamil dan menyusui (karena lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya)

Cara pakai bedak saripohatji ini cukup simpel, Beauties cuma butuh alat-alat seperti kuas masker, air putih atau air mawar, dan tempat untuk mengaduk maksernya. Untuk beauties yang bermasalah dengan jerawat, maka kalian bisa menggunakan aturan ini dalam aplikasi bedak Saripohatji :
1. Ambil 2-3 pil bedak, tambahkan dengan air secukupnya, campurkan dan jangan sampai terlalu encer. Oleskan pada wajah atau bagian yang berjerawat. Setelah 4-5 menit, gosok sampai bedaknya berguguran seperti lulur. Gunakan sebelum tidur malam.
2. Jangan kaget jika waktu bangun tidur ada semacam kotoran keluar dari mata. Ini menandakan bedak ini mengobati sumber penyakit kulit/jerawatnya. Kondisi ini biasanya terjadi hanya untuk 2-3 hari saja jika tetap menggunakannya tiap malam.
3. Cara ini juga bisa untuk mengobati bruntusan, panu, bekas kudis, dll. 
Sumber : http://www.bedaksaripohatji.org

Kira-kira begini bentuknya si Saripohatji kalau kena air mawar atau air biasa sebelum digunakan untuk maskeran :
Bedak Saripohatjinya yang putih, yang coklat itu oat mask dari Glow Mask 

First impression waktu Uun pakai kurang lebih bisa Uun sampaikan lewat gambar ini ya Beauties



Before
Jadi ini kondisi wajah Uun sebelum menggunakan masker Saripohatji, baru bangun, mata panda, bekas jerawat dan juga minyak dimana-mana. Pokoknya bikin geli deh yang lihat morning face-nya Uun :') 


After 
Lalu ini penampakan Uun yang kurang lebih menggunakan bedak Saripohatji kurang lebih dua puluh menit dan langsung Uun cuci pakai air biasa. Belum pakai skincare apapun, jadi langsung aja jepret kamera. Minimal sih buat first impression Uun setelah bertahun-tahun ngga pakai bedak ini bisa 4 jari deh! Wajah Uun jadi lebih kesat, dingin, ngga minyakan, dan lebih cerah (glowingnya biasanya bentar aja sih, tapi cukup lah bikin wajah sumringah setelah maskeran) :D

Nah, masker kedua yang juga Uun coba berangan sama masker Saripohatji ini adalah masker Oatmeal merk Glow dari @chyfoura Instagram)
Masker ini juga jadi favorit Uun karena habis maskeran butiran oatsnya bisa sekalian jadi scrub, caranya tinggal basahi tangan Beauties pakai sedikit air dan tinggal di uasap ke wajah lalu digosok-gosok persis seperti menggunakan scrub kopi. Penampakan untuk masker Glownya kira-kira seperti ini :
Glow Mask @chyfoura
Packaging dari si Glow Mask Oatmeal Scrub ini cukup simpel tapi ngga murahan lho, doi dibungkus pakai semacam kertas coklat dan ada merk Glow di depannya. Ngga ada expired datenya dan ingredienstnya, tapi Uun percaya selama oat belum 6 bulanan masih bisa dipakai buat maskeran (ngaco :'D) 

Di dalam kemasan masker Glow, Beauies bakal nemuin semacam bungkusan plastik yang isinya si masker. Bau pertama yang Uun cium adalah bau kopi dan sedikit bau coklat, baru kalau Beauties raba-raba pasti ada serbuk kopi mix coklat dan oat yang dihaluskan. Penampakannya begini : 
Glow Mask Chyfoura 
Bentuknya mirip banget kaya bubuk makanan bayi hehehe, kalau ini bukan masker paling Uun udah seduh terus minum buat sarapan 😋
Karena Glow mask ini campuran dari oats, coklat, dan kopi manfaatnya bisa Uun copy-kan dari artikel sebelah : 

1. Melawan Kekeringan
Oatmeal mengandung polisakarida yang menjadi agar-agar dalam air dan meninggalkan lapisan pelindung baik pada kulit, mencegah kulit kusam, kering, serta bersisik.

2. Moisturizing
Oatmeal kaya akan lemak sehat yang dapat melembabkan kulit.

3. Pertahanan Kulit
Protein dalam oatmeal membantu menjaga penghalang alami kulit yang berfungsi menjamin bahwa kulit mati dan kotoran yag  berasal dari luar tidak akan masuk ke dalam, sedangkan yang dibutuhkan tetap merasap ke dalam.

4. Membersihkan Pori-pori

Oatmeal dipenuhi dengan pembersih alami (disebut dengan saponin) yang lembut, yang dapat menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Sumber : http://skin.co.id/oatmeal-pancarkan-kecantikan-wajah-anda/

Meskipun Uun termasuk kulit minyak-acne prone, ada satu waktu dimana kulit Uun butuh banget dihidrasi. Misalnya waktu PMS dan juga musim pancaroba, ketika kulit Uun berminyak banyek banget maka tandanya kulit Uun kekeringan. Maka dari itu, minyak harus dilawan dengan pelembab. Wah kok gitu? Bukannya kalau minyakan harus dikeringkan? Ckckck... Kalau wajah dikeringkan malahan ntar produksi minyak nambah dong. Kan kulit minyakan itu tanda kekeringan, bukan tanda terlalu banyak hidrasi. Makanya kalau beauties punya wajah berminyak, sebaiknya tidak dikeringkan dengan produk-produk yang keras. Jutru Beauties harus tanggap untuk semakin menghidrasi kulit dengan produk-produk yang ememang di desain untuk kulit berminyak yaa 😁


Left : saripohatji, Right  : Glow Mask 
Penampakan Glow Mask kalau udah siap diaplikasikan ke wajah. Uun engaja bikin swatch di tangan dulu supaya Beauties tahu perbedaan antara Glow Masknya Chyfoura dan Saripohatji. Kalau Glow mask ada "grenjel-grenjel" oatsnya kalau Saripohatji kaya cat tembok gitu, alussss 😎


Aplikasi di wajah Uun, kiri Saripohatji dan kanan Glow Mask 
Pemakaian ini sebenernya sudah Beauties lihat di gambar sebelum ini. Soalnya Uun mau sekalian bandingin antara kedua masker ini. 
Left : Saripohatji (kering), Right : Glow Mask (setengah Kering)
Untuk keringnya antara dua masker ini lebih cepetan si Saripohatji sih, kalau Glow Masknya agak lama dan nyisain "wajah berat" yang lebih kerasa dibanding Saripohatji. 


Result (left : Saripohatji, Right : Glowmask Chyfoura)
Meskipun kedua masker ini beda fungsi, tapi di Uun sama-sama bikin wajah cerah, glowing, dan juga ngga ketarik. Biasanya Uun mix sih antara si Saripohatji dan si Glow Mask ini supaya nanti pas kering bisa sekalian scrub wajah. 
Pokonya maskeraaan!!!


Plus minusnya dari kedua produk masker ini adalah : 

Saripohatji 
(+) 
1. Cepet kering
2. Baunya bedak bayi jadul, Uun suka
3. Bikin wajah alusss dan glowing 
4. Bisa ngempesin jerawat kecil-kecil kalau dipakai rutin 
5. Bisa buat nenangin kulit yang kebakar sinar matahari lama
6. Murah
7. Bahan-bahannya alami dan ngga bikin breakout

(-)
1. Kalau kering suka jatuh-jatuh bedaknya, seperti ketombe 
2. Susah dapet produknya

Glow Mask 
(+)
1. Bisa sekalian untuk scrub wajah 
2. Baunya enak, campuran kopi, coklat, dan oatmeal
3. Bisa untuk relaksasi sehabis kerja
4. Bahannya bebas SLS, Paraben, Mercury, Alcohol, dan Fragrance
5. NInggalin rasa kesat di kulit tapi tetep terhidarasi 

(-)
1. Lama keringnya 

Rating 

Saripohatji 
3,9

Glow Mask 
3,3


Dimana Belinya Un? 
kalian bisa beli lewat Instagramnya Chyfoura 

Repurchase? 
Saripohatjinya YES!

So, beauties... Jangan lupa maskeran minimal seminggu tiga hari ya. Intinya kulit berminyak jangann sampai kekeringan kalau mau tetep sehat dan ngga jerawatan kaya Uun 😂

See ya next post! 

Cheer's 



2 comments:

  1. Wah saripoaci itu masker aq waktu jaman SMA lho dan suka banget ama hasilnya. Udah gitu murah meriah lagi di kantong. Tapi sejak jadi emak2 jadi ga sempet maskeran lagi. Soalnya udah keburu lelah T_T

    ReplyDelete
  2. Uun aku belum pernah nyobain. Pernah pakai bedak kayak gitu zaman sma tapi lupa pakai yang mana. Glowing banget wajah uun setelah pemakaian

    ReplyDelete

Budayakan memberi komentar setelah membaca suatu tulisan ☺️


U'un bakalan seneng banget dan makin semangat kalau kalian ninggalin jejak... jangan lupa tambahkan link kalian jika mau aku kunjungi balik yaaa...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...