Friday, September 22, 2017

Belajar SEO bareng Shinta Ries di Ngopi Cantik Beautiesquad #2

Nge-Blog Cantik yang Ngga Melulu Soal Hobi 



Istilah beauty blogger identik dengan hobi perempuan yang ngga bisa lepas dari mempercantik diri. Namun, apakah nge-blog cantik selamanya soal hobi saja? Nyatanya tidak, khsusnya bagi beauty blogger yang ngga mau stuck di hobi saja dan ingin membuat blognya menghasilkan pundi-pundi sendiri. Emang bisa? Bisa, hobi apapun kalau cerdik dan tahu peluangnya pasti dapet duit kok! 😁

Tapi nih, sebelum kita ngomong masalah duit, income, dan berbagai benefit dari menekuni hobi nulis ini sebaiknaya kita paham dulu bahwa nulis di blog itu ngga segampang dan semudah nulis buku diary. Blog yang mempunyai nilai estetik, kaya informasi yang dibutuhkan pembaca, mudah diakses, memiliki nama yang mudah diingat, dan seabrek syarat-syarat penulisan yang harus ditepati blogger membuat pekerjaan nulis blog jadi gampang-gampang susah. Tapi nih, Uun mulai paham sedikit-sedikit berkat Ngopi Cantik bareng Beautiesquad dan Mba Shinta Ries nih! Kurang lebih materi yang Uun dapet bakal Uun share setelah kalimat ini kok, yuk dicermati! 

SEO atau Search Engine Optimization adalah optimisasi mesin pencari. Gunanya untuk mengoptimalkan blog kita agar mudah dicari (atau malah nongol di halaman satu) oleh Google. Untungya kita-kita yang beraliran beauty lebih mudah terindex oleh Google, apalagi nih kalau temanya itu ngga dicampur-campur dengan lifestyle, photography, education, dll. 

Meskipun nih, kita memiliki blog gado-gado tapi pengen terindex oleh Google sebaiknya kita pakai cara-cara berikut : 

1. Otoritas Blog 
Google akan lebih mudah menemukan blog dengan pemilik dengan nama dan identitas yang jelas. Blog dengan nama anonima atau tidak dikenal akan susah untuk terindex oleh Google. Lebih jelasnya silahkan isi aboutme.google.com untuk mengisi profil serta media sosial. Sebisa mungkin nama domain yang dimiliki juga didaftarkan dengan email yang sama. 
Otoritas blog juga sering diartikan Domain Authority (DA), semakin besar nilainya semakin sering pula terindeks oleh Google. 

Pastikan gambar atau video original, source www.christinauntari.com

2. Konten (Isi) 
Isi blog atau konten harus berkualitas dalam arti tidak copy paste, asli tulisan si penulis blog, natural sesuai gaya menulis blogger, dan tentu saja harus menarik. Selain itu Google juga paling menyukai blog yang sering update, informasinya terus diperbarui, bahkan kalau beauties mampu buatlah tulisan SETIAP HARI! (Uun ngga kuat kalau setiap hari 😕). 
Konten juga termasuk video ataupun gambar, nah untuk beauties yang bener-bener mau jadi pro usahakan juga selalu membuat video serta gambarnya menarik, asli, dan estetik supaya mudah terindeks. 
Keuntungan blog dengan satu tema khusus (bukan gado-gado) seperti yang sudah dipaparkan pada poin satu tadi bahwa akan lebih besar mendapatkan hati si Google. 

Sumber : https://gooyaabitemplates.com/blogger-templates/seo-ready/

3. Template yang Ringan dan Mudah Dibuka 
Template atau tema blog mempunyai pernana penting dalam SEO juga lo beauties! Pasalnya template yang SEO friendly berpeluang 60-80% lebih baik ditemukan oleh Google! Nah loh! Mulai sekarang kalau mau blognya lebih terindeks dan cepat keluar di Google usalahakan untuk memilih template atau tema yang tidak terlalu banyak script, ornamen, music, dan gambar dengan ukuran besar. 
Namun, jika memang tidak memiliki template yang SEO friendly bisa diakali dengan template yang minimalis, minimalisir script slider apabila ukurannya besar dan usahakan untuk compress gambar dengan maksimal lebar 600 pixel dan berat 300kb. Dengan ukuran template dan gambar yang ringan, maka blogmua akan mudah ditemuka lho beauties! 

mobile site www.christinauntari.com

4. Mobile Site 
Mobile site atau tampilan seluler menjadi penting dalam optimalisasi SEO. Pasalnya, hampir 90% akses website, blog, dan aplikasi sepenuhnya sudah melalui mobile. Jadi jika blog tidak bisa dibaca secara mobile, terlalu lama dibuka, atau tidak nyaman tampilannya (misalnya tulisannya tidak terbaca melalui mobile), maka sebaiknya mulai sekarang mulai beauties perbaiki. Ingat, blogger tidak akan ada apa-apanya jika pembacanya tidak menikati tulisan yang berkualitas dan mudah diakses. 

5. Backlink 
Posisi serach engine ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki blog. Blog dengan posisi paling bagus di search engine, maka DA-nya akan tinggi sehingga kalau bisa beauties memperbanyak backlink melalui tulisan dengan komunitas yang beauties punya, toh akhirnya bukan hanya beauties saja yang ketiban pembaca, blog teman-teman beaties juga ikutan naik dong pembacanya! 

6. Kata Kunci 
Kata kunci membantu banget buat nemu "pembaca asli" blog kita. Semakin menjual dan banyak kata kunci, maka maki mudahlah blog kita terindeks SEO. 

7. Ubah Permalink 
Secara default, pasti link di blog kita akan mengikuti judul yang kita buat. Namun, untuk kepentingan optimalisasi usahakan untuk selalu mengganti permalink menjadi misalnya (www.christinauntari.com/nama-brand-mascara) 

8. Jumlah Kata 
Google sangat menyukai konten blog dengan jumlah kata yang banyak, misalnya antara 800-1000 kata. Namun untuk konten bauty jumlah 800 kata saja sudah cukup, intinnya teta menomor satukan keinformastifan dan kebakuan kata per katanya ya beauties! 

f2f-xoxo-lpcream1.jpg

9. Image
Sebelum upload image, resize dan rename dulu dengan KEYWORD! Misalnya nama-brand-maskara.jpg, jika lebih dari satu bisa menambahkan angka dibelakangnya. Contoh nama-brand-maskara1.jpg, nama-brand-maskara2.jpg, nama-brand-maskara3.jpg dan seterusnya. 

10. Internal dan Eksternal Link 
Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog atau websitesebagai referensi. Contoh : 

Realted post seeprti ini baik di awal maupun dalam tulisan akan menaikan SEO, tapi perlu dihindari menggunakannya terlalu banyak agar blog menjadi rapih dan mudah terindeks. 

11. Meta Deskripsi 
Diantara sepuluh poin yang sudah Uun rangkum dari penjelasannya mba Shinta, ada satu yang paling ditekankan mba Shinta Ries yaitu "meta deskripsi harus diaktifka". Biasanya bisa daktifkan dengan setting --> search description. Meta deskripsi adalah ringkasan dari konten kita yang akan muncul pada mesin pencarian. Meta deskripsi dikaitakn dengan ketertarikan pembaca atas suatu objek yang kita tulis. 

12. Punya Dummy Blog 
Ini opsional sih, gunanya biar kita bisa tukar link tanpa membuat blog kita terancam saat DA atau PA terjun habis-habisan (hehe) 

13. Peka Jika Blog Dikloning
Mau punya blog tapi ogah nulis? Nah ini kerjaan orang yang mau enaknya aja tapi ngga mau tanggung jawab sama tulisan orang (padahal di disclaimer blog yang bersangkutan jelas-jelas SILAHKAN CANTUMKAN ALAMAT BLOG SAYA JIKA COPY ATAU PASTE ARTIKEL!) apa ngga jelas ya? Terus ngatasinnya gimana? Kalau kata Mba Shinta, kalian bisa ajukan take down di support.google.com/legal/troubleshooter/1114905?hl=en 
Tapi yah, namanya hukum beginian di Indonesia masih lemah. Kadang-kadang yang nge-copas lebih paham SEO jadi posisinya diatas blog kita. Tapi menurut mba Shinta, meskipun begitu blogger yang di clonning tetep aja nulis dan tetep stick dengan profil mereka masing-masing. Baru kalau dianggap mengganggu dan melanggar hukum banget baru deh dituntut. 😖


14. Do Follow yes or no? 
Bagusnya sih beuties, kalau kalian menaruh link do follow sebaiknya hati-hati soalnya nanti bisa dikira SPAM! Jadi kalau pun harus menyertakan do follow, sebaiknya lihat-lihat deh apakah kebanyakan atau ngga 😁 

Intinya, beauties tetep harus memerhatikan segi orisinalitas dan kekreatifan ide. Apapun tulisannya, jika kita mampu menyajikannya dengan informatif, kritis, dan orisinil pasti nanti pembaca kita akan "niteni" atau melabeli apakah kita konsekuen untuk menulis atau tidak.

Nah, itulah kurang lebih sebelas poin yang Uun coba rangkum dari Ngopi Cantik #2 Beautiesquad dan mba Shinta Ries. Semoga rangkuman Uun ini bermanfaat bagi beauties yang kebingungan meningkatkan traffik blognya ya! OHya, seperti biasa, kalau ada pertanyaan atau masukan boleh banget tulis di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan berikutnya ya Beauties! 



Salam, 

6 comments:

  1. kak, kalo mau ubah blog kita yang awalnya [dot]blogspot/worpress jadi [dot] com mending beli yang di mana? soalnya banyak di internet dan bingung pilih yang mana. pinginnya sih yang murah terus ceo friendly juga yang bagus gitu hehe... bantu jawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli domainnya kebanyakan temen beli di rumahweb dan dimainesia, tapi ya monggo. Sesuai kebutuhan masing-masing kok dear.

      Delete
  2. Wah kebetulan nih aku baru baru ini lagi ngulik SEO, ada beberapa yg udah aku praktekin dan beberapa nemu yg baru di artikel ini. Manfaat bgt ka.

    ReplyDelete
  3. Bikin artikel pake SEO tuh lebih susye daripada bikin postingan artikel sesuai kata hati mbak. Thanks tips-nya.

    ReplyDelete

Budayakan memberi komentar setelah membaca suatu tulisan ☺️


U'un bakalan seneng banget dan makin semangat kalau kalian ninggalin jejak... jangan lupa tambahkan link kalian jika mau aku kunjungi balik yaaa...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...